Sejarah

PT Asuransi Umum Bumida 1967 (selanjutnya disebut BUMIDA) didirikan oleh Drs. H.I.K. Suprakto dan Mohammad S. Hasyim, MA sesuai dengan akte No. 7 tanggal 8 Desember 1967 dari Notaris Raden Soerojo Wongsowidjojo, SH yang berkedudukan di Jakarta dan diumumkan dalam tambahan Berita Negara Republik Indonesia No. 15 tanggal 20 Februari 1970.

BUMIDA selalu berkomitmen untuk selalu memberikan perlindungan bagi para nasabah kami. Dengan didukung oleh misi untuk menyediakan layanan yang penuh inovasi, menjadikan BUMIDA salah satu perusahaan asuransi umum terbaik di Indonesia.

Di tahun 2018, berbagai bencana seperti gempa bumi, banjir dan angin topan terjadi di wilayah Indonesia. Asuransi Bumida tetap memenuhi komitmen untuk melakukan pembayaran klaim secara cepat. Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di tahun 2022 sama sekali tidak mengurangi komitmen Perusahaan untuk tetap melakukan pembayaran klaim secara cepat, tepat dan terpercaya. 

Bagi BUMIDA, tak ada yang lebih penting daripada kepuasan dan kebutuhan nasabah, terutama di momen-momen krusial bagi mereka.

Pandemi juga tidak mengurangi semangat Asuransi Bumida untuk terus dan selalu ada bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar. Ragam kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dilaksanakan baik dalam bentuk amal, pengembangan komunitas dan juga aktivitas lain yang bertujuan untuk mendukung penanganan pandemi.

BUMIDA sadar bahwa pandemi bukan saja jadi ancaman terhadap kesehatan, tapi juga ancaman terhadap ekonomi masyarakat.

Serangkaian kegiatan literasi dan inklusi keuangan juga tetap dilakukan BUMIDA selama masa pandemi. Kegiatan ini dilakukan secara jarak jauh via platform daring, ZOOM, dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Target audiens dari program dan kegiatan ini adalah mahasiswa Perguruan Tinggi dan pelaku UMKM. Pelaksanaan kegiatan seperti di Kendari, Purwokerto, Bandung dan Jakarta.

Kegiatan edukasi ini dilakukan dalam rangka mengikuti ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kami percaya bahwa upaya perusahaan untuk membantu masyarakat agar aware terhadap finansial sangatlah penting. Sebagai tambahan, BUMIDA mengambil inisiatif untuk memberikan Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Kesehatan gratis bagi para peserta yang aktif dalam edukasi agar mereka dapat merasakan manfaat asuransi.

Besar harapan kami agar semua warga Indonesia dapat menyambut masa depan mereka dengan penuh keyakinan dan semangat tinggi, karena BUMIDA akan selalu hadir untuk segala kebutuhan perlindungan mereka demi Indonesia bangkit dan maju.
 

Visi

Menjadi Perusahaan Asuransi Umum yang Memberikan Nilai Lebih bagi Stakeholder

Misi

Menghasilkan bisnis berkualitas dengan:

  •  Menciptakan SDM yang unggul
  •  Mengintegrasikan sistem dan teknologi informasi
  •  Melakukan Inovasi terus-menerus
  •  Mengembangkan jaringan layanan yang luas
  •  Mengoptimalkan BUMIPUTERA group

Falsafah
dan
Nilai Dasar

Idealisme
Idealism
Kualitas
Quality
Terpercaya
Trusted
Menguntungkan
Profitable
Profesionalisme
Professionalism
Kebersamaan
Togetherness

Budaya Perusahaan

  • Bertanggung Jawab dan Berintegritas
    Responsible and Integrity
  • Ulet dan Pantang Menyerah
    Resilient and Persistent
  • Menghargai Nasabah
    Set High Value on Customer
  • Inovatif dan Aktif
    Innovative and Active
  • Disiplin dan Taat Prosedur
    Diciplined and Obedient
  • Amanah dan Tidak Ingkar Janji
    Trusteeship and Trustworthy
  • Kebanggaan dan Kebersamaan
    Pride and Togetherness
  • Orientasi Pada Target dan Waktu
    Target and Time Oriented
  • Efektif dan Efisien
    Effective and Efficient

Modal
dan
Kepemilikan Saham

Dengan Modal Setor sebesar Rp.150 M, menunjukkan BUMIDA telah memenuhi regulasi pasal 6 ayat 1 POJK No.67/POJK.05/2016 yang mewajibkan setiap perusahaan asuransi memiliki modal setor minimal Rp.150 M.

JL. Wolter Monginsidi No. 63
Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Telp : (021) 7222685 (Hunting)
Fax : (021) 72800474 / 7203800

headoffice@bumida.co.id