Syariah Corner

Bumida Syariah Harus Tetap Eksis di Dunia Asuransi Syariah
September 14, 2016 bumida1

BUMIDA SYARIAH HARUS TETAP EKSIS DI DUNIA ASURANSI SYARIAH

Nasyubun

Kepala Divisi Syariah

 

Bagaimana Kinerja Divisi Syariah secara garis besar di tahun 2015?

Kinerja Divisi syariah tahun 2015 secara keseluruhan belum mencapai seperti yang telah ditetapkan dalam progam kerja 2015, walaupun dari segi pencapaian produksi diharapakan di akhir tahun bisa mencapai ratio produksi di atas seratus persen, namun disisi lain perlu perbaikan di tahun 2016.

 

Akhir tahun 2015 ini, OJK berencana meluncurkan peta bisnis (road map) IKNB berbasis syariah diantaranya peningkatan literasi asuransi syariah. Bagaimana bapak menanggapi hal ini? Dan apa keuntungan dari regulasi ini untuk Bumida?

Pastinya regulasi OJK hal enhancement literasi asuransi syariah akan menambah pemahaman masyarakat tentang pengetahuan asuransi syariah, semakin paham tentunya semakin mengerti apa itu asuransi syariah, setelah paham selanjutnya tentunya diharapkan akan tertarik dengan asuransi syariah, artinya bagaimana akan menimbulkan ketertarikan apabila di awali dengan ketidakpahaman terhadap asuransi syariah.

 

Di awal tahun 2016, diperkirakan ada beberapa perusahaan lagi yang membuka bisnis asuransi syariah, baik full fledge maupun Unit Usaha Syariah bahkan ada yang melakukan spin off. Hal ini tentunya akan menambah pesaing bagi Bumida, bagaimana bapak menyikapi hal ini dan apa strategi yang akan dilakukan Bumida untuk dapat bersaing?

Dalam berbisnis yang namanya persaingan merupakan hal yang biasa justru dengan bersaing membuat kita jadi lebih kreatif dan inovatif. Bumida syariah dituntut untuk bisa bersaing tentunya agar tetap eksis di dunia asuransi syariah.

 

Program kerja apa yang telah dipersiapkan Divisi Syariah, khususnya Divisi Pemasaran Syariah di tahun 2016 dengan adanya regulasi-regulasi baru dari OJK, bertambahnya perusahaan di bisnis syariah, serta era perdagangan bebas MEA?

Salah satu Progam Kerja Bumida Syariah adalah menggarap ceruk pasar yang selama ini belum digarap optimal oleh asuransi syariah sebelumnya, seperti asuransi travel haji dan umroh yang sangat potensial dan berkesinambungan, tiap tahun tidak kurang dari 660 ribu jamaah yang berangkat umroh dan akan diperkirankan setiap tahunnya akan bertambah terus, dikarenakan waiting haji semakin lama (bertahun-tahun) disamping itu progamnya adalah menambah kerja sama Perbankan syariah dan BPR Syariah dan kerja sama dengan perusahaan penjaminan syariah.

Comments (0)

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Captcha *